Blogroll

Hilangnya Office Recent Document List pada JumpList.

Windows 7 Jump Lists yang dapat diakses dari TaskBar berisikan juga daftar shortcut ke dokumen yang terakhir imagedikerjakan atau dibuka (dan disimpan); atau juga shortcut ke halaman website yang pernah dikunjungi. Beberapa dari shortcut tersebut dapat di-pin down supaya shortcut tersebut dapat berada di dalam Jump Lists secara permanen. Biasanya shortcut  ke dokumen-dokumen yang sering dikerjakan sehingga pengguna dokumen Office dapat membuka dokumen tersebut dengan langsung tanpa harus melakukan browse ke folder yang menyimpan dokumen atau melakukan Open File dari aplikasi Office.
Beberapa minggu yang lalu, saya menerima email dari rekan trainee, beliau kehilangan semua daftar shortcut ke dokumen (recent files) yang biasanya ada di Jump Lists. Padahal yang bersangkutan tidak melakukan apa-apa; tidak melakukan proses clear list secara manual. Jump Lists dapat dimunculkan dengan cara klik kanan (atau klik kiri dan slide) di icon aplikasi  pada taskbar, tetapi recent item tetap tidak muncul. Masalah ini terjadi beberapa minggu setelah beliau upgrade Office 2007 ke Office 2010. Dan beberapa hari setelah menerima email dari trainee tetang masalah ini, sekitar dua hari kemudian kejadian ini dialami juga oleh istri saya… x_x
Setelah googling sana sini, akhirnya mendapatkan informasi bahwa masalah ini terjadi karena ada kerusakan di folder automaticDestinations.
Untuk mengatasi masalah tersebut,
  • Jalankan Windows Explorer. kemudian ketik pada address bar-nya:

    %AppData%\Microsoft\Windows\Recent\AutomaticDestinations
  • AutomaticDestinatios folder secara umum berisi file-file shortcut yang ukurannya kecil. Jika di dalam folder tersebut ditemukan file yang ukurannya besar – kira-kira yang lebih besar dari 50kb atau 1Mb – maka file tersebut dihapus saja,
Langkah-langkah ini akan mengembalikan fungsi Jump Lists, tetapi tidak mengembalikan shortcut  recent document-nya. Jadi kita perlu menambahkan shortcut-shortcut-nya lagi; atau, dengan membuka dokumen melalui Recent Document yang ada di aplikasi Office maka secara otomatis daftar Jump Lists pun akan bertambah.
Sebagai informasi tambahan, masalah ini sudah diperbaiki oleh Microsoft melalui Windows 7 Service Pack 1, dan update yang dapat di-download di sini.
Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.
Written with Windows Live Writer
Bambang F. Indarto, S.T.
MCTS, MCPD, MOM, MCT, CEI

source : http://mugi.or.id/blogs/bfindarto/archive/2011/12/25/hilangnya-office-recent-document-list-pada-jumplist.aspx

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Popular Posts

- Copyright © Tips Trik Komputer dan Hp -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -